7 Rahasia Sederhana Melawan Penuaan

Friday 8 December 2017

Simak 7 Rahasia Sederhana Melawan Penuaan – Menjadi tua itu pasti, namun menikmati masa tua dengan kondisi tubuh yang sehat serta memiliki semangat berjiwa muda adalah sebuah pilihan.
Selain itu ada juga cara-cara untuk memperlambat penuaan melalui tujuh langkah sederhana yang bisa Anda terapkan mulai dari sekarang:
  1. Peduli terhadap orang lainPara periset di University of Michigan di Ann Arbor menemukan, orang-orang yang menunjukan kepedulian terhadap orang yang dicintai, memiliki usia lebih panjang. Pria maupun wanita yang merawat pasangannya, memotong risiko kematian hingga 36 persen dalam kurun waktu tujuh tahun. Selain itu, mereka yang optimis atau memiliki harapan yang bagus juga berumur lebih panjang. Dari 100.000 perempuan yang diteliti dalam study Women’s Health Initiative didapati mereka yang optimis, mengurangi kemungkinan kematian dini hingga 14 persen dibanding yang pesimis dalam kurun waktu delapan tahun.
  1. Memiliki tujuanMemiliki tujuan dalam hidup, baik cita-cita untuk melakukan sesuatu terhadap dunia, atau sekedar ingin liburan ke tempat indah maupun membaca buku tertentu akan membuat seseorang lebih mungkin hidup lama dibanding mereka yang tidak memiliki keinginan.
    Para periset di Rush University Medical Center di Chicago yang mewawancarai lebih dari 1.200 orang dewasa mendapati, mereka yang memiliki tujuan atau cita-cita, bisa mengurangi separuh kemungkinan mati muda dalam kurun waktu lima tahun dibanding yang tidak.
  1. Perbanyak Vitamin D dari MatahariTingkat vitamin D yang rendah bisa menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis, diabetes, hipertensi, dan kanker. Menurut penelitian, mereka yang tidak cukup mendapatkan “vitamin matahari” ini 26 persen lebih mungkin meninggal lebih awal.
    “Dampak vitamin D terhadap kesehatan sangat luas,” kata Michal Melamed, MD, asisten profesor kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Bronx.Oleh karenanya Melamed menyarankan agar Anda mendapatkan 10 sampai 15 menit sinar matahari, beberapa hari dalam seminggu. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D untuk manfaat anti penuaan.
  2. Sayangi DNAGaya hidup sehat dapat memperbaiki DNA Anda, ujar periset Dean Ornish, MD dan pemenang hadiah Nobel Elizabeth Blackburn, MD. Keduanya meneliti kebiasaan sehat seperti mengkonsumsi makanan vegetarian dengan 10 persen kalori dari lemak, berjalan 30 menit sebanyak enam kali dalam seminggu, dan berusaha mengurangistres.
    Hasilnya, orang-orang yang menjalani gaya hidup sehat seperti itu mengalami penurunan kolesterol LDL dan tingkat stres-nya. Mereka juga mengalami peningkatan telomerase sebanyak 29 persen. Enzim ini memperbaiki dan memperpanjang telomere, protein kompleks di ujung kromosom yang berperan dalam kesehatan dan umur panjang.
  1. Jaga jantung tetap bekerjaMenurut Dr. Oz, ada dua hal penting yang bisa Anda lakukan untuk tetap awet muda dan sehat. Yang pertama adalah aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Bila Anda tidak bisa berjalan sejauh 400 meter dalam lima menit, kemungkinan Anda untuk meninggal dalam tiga tahun akan meningkat secara dramatis. Tapi jika Anda berjalan kaki setidaknya 15 menit setiap hari, Anda akan memperoleh manfaat kesehatan.Yang kedua adalah bergaul, hindarilah kesepian. Memiliki teman adalah salah satu alasan Anda tetap hidup. Sedangkan rasa kesepian akan menghilangkan gairah Anda untuk berlama-lama di dunia ini.
  1. Kurangi konsumsi daging merahStudi yang dilakukan selama 10 tahun terhadap 545.000 orang Amerika menemukan bahwa orang yang makan sekitar empat ons daging setiap hari, 30 persen lebih mungkin meninggal lebih awal, dibandingkan mereka yang mengkonsumsi satu ons atau kurang.Penelitian sebelumnya juga menghubungkan konsumsi daging merah dengan risiko penyakit jantung dan kanker usus. Nah dalam study ini, ditemukan konsumsi daging merah ternyata juga mempengaruhi harapan hidup Anda.
  2. Bergerak Lebih BanyakApakah Anda menunjukkan tanda-tanda Anda perlu bergerak lebih banyak? Orang yang banyak beraktifitas akan mendapatkan manfaat kesehatan lebih, selain rasa bahagia. Intinya, menjadi aktif bisa berarti hidup lebih lama bagi Anda karena olahraga memiliki manfaat lebih dari sekedar penurunan berat badan. (RN)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2011. KURSUS JOGJA IMBIA - All Rights Reserved